RANGKUMAN BAB 1 INFORMATIKA AISYAH RAHMALIA RIZKI VIII-B / 01
BAB I
INFORMATIKA DAN PERBEDAANNYA
Aisyah Rahmalia R VIII-B
Tujuan Pembelajaran:
Pada bab ini, kalian akan diajak merefleksikan kembali materi mata pelajaran Informatika kelas VII, dan mendapatkan gambaran umum mengenai materi yang akan kalian pelajari pada mata pelajaran Informatika kelas VIII.
Peta konsep:
Kata kunci:
Informatika, refleksi, jurnal, cara belajar, perencanaan belajar, evaluasi
pembelajaran
A. Informatika dan profil pelajar pancasila
Apa definisi Profil Pelajar Pancasila? Rumusan Profil
Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”
Pernyataan ini memuat tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat, kompetensi
global, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.
Profil tersebut dinyatakan dalam
enam dimensi, yaitu: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak
mulia; Berkebinekaan global; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis;
dan Kreatif. Melalui mata pelajaran Informatika, kalian juga akan belajar juga
menumbuhkan karakter-karakter tersebut, sebagai warga dunia nyata
dan sebagai warga dunia maya. Saat membahas materi tentang berpikir
komputasional, analisis data, pemrograman, dan dampak sosial informatika,
kalian akan mengasah kemampuan bernalar kritis dan kreatif.
B. Cara Belajar Informatika
1. Materi tentang Konsep Informatika
A. Pertama, kalian menyimak dan mempelajari terlebih dahulu mengenai
materi yang dibahas dari bacaan atau media lain, kemudian kalian berlatih
dengan aktivitas tertentu.
B. Kedua, kalian belajar mandiri, yaitu kalian diajak untuk mengeksplorasi,
beraktivitas terlebih dahulu, dengan harapan bahwa urutan langkah
kegiatan yang dilakukan akan menuntun kalian untuk memahami materi
yang sebenarnya sedang kalian pelajari dengan beraktivitas.
2. Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata
Konsep yang dijelaskan di atas, disajikan dalam bentuk kasus nyata terkait
kehidupan sehari-hari. Carilah kesamaan “pola” yang melatar belakangi
suatu kasus agar kalian dapat menyelesaikan kasus sejenis dengan mudah.
Melalui kasus: Inilah salah satu cara belajar menyelesaikan masalah!
3. Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab
Lakukan aktivitas yang dirancang langkah demi langkah secara saksama
dan tidak terburu-buru. Melalui rangkaian tahapan aktivitas yang diberikan
secara sistematis dalam buku ini, kalian sebenarnya sedang dituntun untuk
mengalami, melakukan refleksi, memaknai dan merajut konsep informatika
yang utuh berdasarkan elemen-elemen Informatika yang menjadi fokus.
Jadi, aktivitas tersebut dirancang bukan hanya sebagai kegiatan fisik, tetapi
juga kegiatan olah pikir!
4. Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman
Pengendapan dan mengoneksikan materi ini dapat dilakukan melalui ulasan
kembali mengenai apa yang sudah kalian pelajari, menjawab pertanyaanpertanyaan reflektif yang membantu kalian menemukan kesimpulan, ajakan
untuk merenungkan sesuatu berkaitan dengan materi, atau memimpikan suatu tindakan atau produk untuk masa depan. Melalui pengendapan dan
mengoneksikan ini, diharapkan apa yang telah kalian pelajari tertanam dalam
diri kalian dan tidak mudah dilupakan, serta dapat dipakai sebagai modal
dalam memakai informatika sebagai bagian penyelesaian persoalan sehari-hari.
5. Pentingnya Minat Dan Motivasi
Belajar itu menyenangkan jika kalian berminat terhadap apa yang dipelajari.
C. Kilas Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas VII
1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian telah belajar menyelesaikan
masalah-masalah yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari yang di
dalamnya terdapat aspek informatika, khususnya algoritma, optimasi
penjadwalan, struktur data list, dan representasi data.
2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), mengenai pembuatan karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan
peramban untuk mencari informasi, serta mengelola file dalam folder.
3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), mengenai definisi
komputer, komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama
komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak
dengan piranti lain yang terhubung.
4. Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), mengenai
pengantar jaringan komputer dan internet, proteksi data dan file, dan
koneksi internet.
5. Pada Bab Analisis Data (AD), tentang pengelolaan dan
penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.
6. Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), belajar membuat
karya kreatif yang diprogram, dengan menyusun dan merangkai blokblok visual.
7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), belajar mengenai
sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Kalian akan lebih berhati-hati, mengutamakan aspek positif, serta
menghindari dampak negatif.
8. Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), belajar bekerja
sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya dan mencoba
menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari
pada bab-bab lain.
D. Apa yang akan Kalian Pelajari di Kelas VIII?
1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian akan belajar mengenai
fungsi, algoritma dengan kasus yang lebih kompleks, representasi data
(khususnya mengenai himpunan, logika, dan representasi bilangan), dan
struktur data stack (tumpukan). Latihan berpikir komputasional melalui
kasus-kasus yang disajikan dalam buku ini diharapkan membentuk pola
berpikir untuk penyelesaian persoalan yang solusinya efektif, efisien,
dan optimal.
2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian akan
memanfaatkan aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja dan
presentasi untuk mengintegrasikan konten setiap aplikasi, menghasilkan
dokumen yang lebih kompleks.
3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian akan belajar mengenai fungsi
sistem komputer, gerbang logika pada CPU, dan pengalamatan memori.
4. Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kalian akan belajar
mengenai teknologi komunikasi pada telepon seluler, jaringan lokal dan
internet, proteksi data di internet, serta routing pada jaringan komputer.
5. Pada Bab Analisis Data (AD), kalian akan belajar lebih dalam dibandingkan
dengan kelas VII mengenai pengelolaan data, pencarian data, peringkasan
data, dan visualisasi data.
6. Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian akan belajar
pemrograman menggunakan dua bahasa pemrograman visual, yaitu
Scratch dan Blockly.
7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian akan belajar mengenai
media sosial, cyberbullying, pengkajian informasi secara kritis. Apa yang
baik sebaiknya menjadi dasar kalian berperilaku di dunia maya. Apa yang buruk, membahayakan diri, atau bahkan kurang baik di media sosial, yang sebaiknya dihindari.
8. Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar bekerja sama
dalam kelompok, bergotong royong untuk membuat karya dan mencoba
menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari
pada bab-bab lain.
E. Apa Harapan Guru
1. Menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan persoalan
persoalan sehari-hari.
2. Mampu mengaplikasikan berbagai aplikasi perkantoran yang menyelesaikan
masalah yang melibatkan lebih dari satu aplikasi perkantoran.
3. Memahami komponen sistem komputer, sistem-sistem bilangan yang
umum digunakan dalam informatika, berbagai proses logika dalam sistem
komputer.
4. Memahami keterhubungan antara satu komputer dengan komputer
lainnya melalui jaringan komputer dan internet.
5. Mendefinisikan, mengolah, dan mengelola sekumpulan data bervolume
kecil untuk tujuan tertentu, serta menyajikan informasi yang didapat dari
data tersebut.
6. Membuat program dengan menggunakan dua jenis blok visual dan
menarik abstraksi dari kedua blok visual tersebut.
7. Memahami dan mampu berpikir kritis terkait berbagai informasi yang
ada pada internet dan bertindak bijak ketika memanfaatkan dunia maya.
8. Bekerja sama untuk menghasilkan sebuah karya sebagai solusi atas suatu
persoalan, dengan menggunakan kemampuan-kemampuan yang sudah
disebut di atas.
F. Pemaknaan dan Kualitas Hasil Belajar
Hasil belajar Informatika perlu dimunculkan menjadi computational
artefact (artefak komputasional), hasil karya nyata, berupa ungkapan lisan,
laporan, program komputer atau lainnya.
Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan karena merupakan aspek
penilaian computational artefact yang akan kalian hasilkan.
a. Dalam menjawab soal, kalian akan mendapatkan nilai baik jika kalian
dapat memahami soal, memberikan jawaban yang tepat sesuai logika
11 Bab 1 Informatika dan Pembelajarannya
yang baik.
b. Dalam pembuatan program, kalian akan mendapatkan nilai baik jika
dapat memanfaatkan perkakas (tools: Scratch dan Blockly) untuk
menyelesaikan masalah yang diberikan.
c. Dalam pembuatan artefak komputasional, kalian akan mendapatkan nilai
baik jika kalian dapat menganalisis, merancang solusi mengenai masalah
yang diberikan pada soal, mampu menerapkan konsep yang diajarkan
pada masalah tertentu, mampu mempresentasikan artefak komputasional yang dibuat.
d. Dalam eksplorasi perkakas komputasi tertentu, kalian akan mendapat
nilai yang baik jika kalian berhasil melakukan eksplorasi dengan kakas
tertentu (misalnya Scratch, spreadsheet) dan berhasil memanfaatkan
fitur-fitur pada perkakas tersebut secara optimal untuk membantu
menyelesaikan masalah pada soal yang diberikan.
G. Refleksi dan Rencana Kegiatan
Comments
Post a Comment